Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Asuransi yang Baik dan Aman

Apakah ciri-ciri asuransi yang baik? Semakin banyak masyarakat Indonesia yang tersadar akan pentingnya asuransi sebagai penunjang kehidupannya. Jika dulu kita begitu asing dengan kata asuransi, kini keadaannya sudah berbeda seratus delapan puluh derajat. Kondisi ini lantas begitu menarik perhatian banyak perusahaan asuransi untuk membuka usahanya. Setiap tahun jumlah perusahaan asuransi semakin bertambah dengan menawarkan produk yang berbeda-beda.

Bagi Anda sebagai nasabah, banyaknya jumlah perusahaan asuransi tersebut kadang-kadang menimbulkan kebingungan tersendiri. Di satu sisi Anda diuntungkan karena bisa menentukan perusahaan asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Tetapi di sisi lain Anda bakal dilanda bimbang karena setiap perusahaan asuransi pasti mempunyai segudang keunggulan yang ditawarkannya kepada nasabah. Kunci utamanya ialah selalu pilih asuransi yang tepercaya mampu melayani Anda dengan baik.

ciri-asuransi-yang-baik.jpg

Berikut ini ciri-ciri yang patut diperhatikan dalam menilai kualitas suatu perusahaan asuransi terhadap para nasabahnya!

  1. Pelayanan yang Mengesankan

Asuransi pada dasarnya merupakan sektor bisnis di bidang jasa. Jadi selama perusahaan tersebut mampu melayani nasabahnya secara profesional dan berkualitas, maka dapat dikatakan bagus. Beberapa faktor yang perlu dinilai dari segi service yang diberikan antara lain sikap petugas dalam melayani nasabah, kecepatan dalam menerbitkan polis, dan keseriusan dalam memproses klaim asuransi. Bahkan cukup melihat dari tatapan mata petugas, Anda bisa membuat kesimpulan bagaimana kualitas pelayanan yang nantinya akan diberikannya.

  1. Kekuatan dalam Keuangan

Hal ini menyangkut seberapa besar prosentase kenyataan perusahaan asuransi terkait memenuhi kewajibannya pada saat Anda melakukan klaim. Apabila sejauh ini Anda belum pernah mengklaim, jangan sungkan bertanya kepada kerabat terdekat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tolak ukur aset dan liabilitas perusahaan yang datanya bisa Anda dapatkan dari pengumuman laporan neraca keuangan di koran. Kami akan mengulas tentang cara membaca laporan tersebut pada artikel selanjutnya.

  1. Kondisi Biaya Perusahaan

Dalam melakukan operasionalnya, perusahaan asuransi jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pada umumnya ada bagian pekerja tersendiri yang bertugas mengelola keuangan perusahaan. Perusahaan asuransi yang baik akan berani menampilkan laporan keuangan perusahaan secara terbuka. Dengan demikian, nasabah bisa menilai sejauh mana perkembangan perusahaan tersebut. Jika total dana pengeluaran jauh lebih besar daripada dana pemasukan artinya sudah pasti kalau perusahaan tersebut tidak sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepuluh Penyebab Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Apakah penyebab-penyebab klaim asuransi yang Anda ajukan tidak dibayar? Tidak sedikit orang yang sudah merasa ketakutan kalau mendengar kata asuransi. Memang tak bisa dipungkiri kalau asuransi masih mendapatkan citra negatif bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang beranggapan kalau semua perusahaan asuransi itu sama saja bisanya hanya mengobral janji. Namun faktanya kini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang profesional. Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur kualitas dari suatu perusahaan asuransi ialah pelayanannya dalam membayar klaim kepada para nasabah. Perusahaan asuransi yang cepat tanggap dalam menindaklanjuti permohonan klaim merupakan perusahaan yang berkualitas. Sebaliknya perusahaan asuransi yang berbelit-belit seperti enggan memberikan pertanggungjawabannya dapat dikatakan tidak berkualitas. Tapi sebelum memberikan penilaian seperti itu, alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kenapa sih klaim Anda sampai ditolak? Sebenarnya hanya...

3 Tugas Utama Agen Marketing Asuransi

Apakah tugas dari seorang agen/marketing asuransi? Asuransi penting sekali untuk menjamin semua aset yang Anda miliki. Mengingat asuransi ini begitu krusial, maka orang yang membutuhkannya pun ada banyak. Hal ini mendorong geliat di dunia asuransi semakin meningkat, termasuk peluang di dalamnya. Potensi sebagai seorang marketing asuransi sangat terbuka lebar dan memiliki prospek yang bagus asalkan dijalani dengan sepenuh hati. Syarat mutlak yang harus dimiliki oleh semua agen/marketing asuransi ialah jaringan yang luas. Hal ini berkaitan dengan salah satu tugas utamanya yaitu memperluas jaringan perusahaan asuransi tempatnya ia bekerja. Perlu diketahui, pekerjaan marketing berbeda dengan sales walaupun hubungan keduanya erat sekali. Kalau seorang sales bertanggung jawab dalam penjualan, berbeda dengan marketing yang bertugas untuk pemasaran. Seorang marketing mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkan, memberitahu klien, dan membuka jalan bagi klien tersebut untuk mengembangkan us...

5 Tips Memilih Asuransi Jiwa Saat Tinggal di Jepang yang Bagus

  Memilih asuransi jiwa saat tinggal di luar negeri, termasuk di Jepang, adalah keputusan penting yang memerlukan pertimbangan matang. Asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan finansial bagi Anda dan keluarga Anda dalam situasi yang tidak terduga. Berikut adalah tips memilih asuransi jiwa saat tinggal di Jepang, serta cara mengirim barang ke Jepang. Tips Memilih Asuransi Jiwa di Jepang 1. Pahami Kebutuhan Anda Sebelum memilih asuransi jiwa, pertimbangkan kebutuhan dan situasi finansial Anda. Tentukan jumlah perlindungan yang Anda butuhkan, durasi polis, serta manfaat tambahan yang mungkin Anda perlukan seperti asuransi kesehatan, cacat tetap, atau rawat inap. 2. Cari Informasi Mengenai Penyedia Asuransi Lakukan riset dan cari informasi tentang penyedia asuransi jiwa yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di Jepang. Periksa ulasan, rating, serta klaim dan layanan pelanggan dari berbagai perusahaan asuransi untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. 3. Perhatikan Syarat...