Langsung ke konten utama

Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja yang Benar

Bagaimana cara mengklaim asuransi Jasa Raharja yang benar? Tahukah Anda, sebagai pemilik kendaraan bermotor Anda juga otomatis terdaftar sebagai pemegang polis asuransi Jasa Raharja. Anda sebenarnya sudah membayar iuran tahunan dari asuransi tersebut ketika memperpanjang STNK. Dengan kata lain, ketika Anda mengalami kecelakaan lalu lintas, Anda bisa meminta hak untuk mendapatkan bantuan pertanggungjawaban dari pihak Jasa Raharja melalui proses klaim asuransi.

Terdapat beberapa macam santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja kepada Anda sebagai pemegang polis. Di antaranya yaitu penggantian biaya perawatan dan pengobatan, santunann kematian, serta santunan cacat permanen. Khusus untuk korban kecelakaan meninggal dunia, santunan akan diberikan kepada ahli waris yang meliputi janda/duda sah dengan bukti surat nikah/KK, anak-anak sah, dan orang tua sah.

klaim-asuransi-jasa-raharja.jpg

Adapun besar santunan yang ditanggung oleh Jasa Raharja antara lain :

  • Perawatan : maksimal Rp 10 juta untuk angkutan darat dan laut, serta maksimal Rp 25 juta untuk angkutan udara.
  • Cacat Permanen : maksimal Rp 25 juta untuk angkutan darat dan laut, serta maksimal Rp 50 juta untuk angkutan udara.
  • Meninggal Dunia : maksimal Rp 25 juta untuk angkutan darat dan laut, serta maksimal Rp 50 juta untuk angkutan udara.
  • Pemakaman : maksimal Rp 2 juta.

Jika Anda saat ini sedang terkena musibah kecelakaan, Anda bisa melakukan klaim asuransi kepada Jasa Raharja dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Lakukan persiapan terlebih dahulu di rumah dengan mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melakukan klaim asuransi ke Jasa Raharja. Berkas yang wajib dibawa adalah KTP korban dan KTP Anda yang ingin menjadi wakil (asli dan fotocopy), surat laporan kecelakaan lalu lintas dari kantor polisi, serta surat keterangan kesehatan dari rumah sakit/klinik yang merawat. Apabila proses klaim dilakukan setelah korban selesai dirawat, maka Anda harus membawa surat kuitansi asli dari rumah sakit/klinik yang telah dibubuhi tanda tangan dan stempel petugas.Untuk berjaga-jaga, Anda juga sebaiknya membawa pula surat STNK, surat KK, dan surat nikah korban (asli dan fotocopy). Khusus untuk korban meninggal dunia, Anda harus melampirkan KTP semua ahli waris.
  2. Kunjungi kantor Jasa Raharja yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Biasanya lokasi kantor tersebut berada di ibukota provinsi. Anda bisa mengetahui alamat lengkap kantor Jasa Raharja yang terdekat dengan mengunjungi website resmi Jasa Raharja atau melakukan pencarian di Google dengan mengetik kata kunci yaitu kantor Jasa Raharja (kota Anda).
  3. Setelah tiba di kantor Jasa Raharja, Anda bisa menuju ke bagian pendaftaran. Di sini Anda bisa berkonsultasi sebentar kepada petugas, lalu meminta formulir pengajuan klaim asuransi. Kami ingatkan bahwa formulir tersebut 100% gratis. Jika Anda menemukan petugas yang hendak melakukan pungli, jangan ragu untuk memarahinya di muka umum.
  4. Isilah formulir di atas dengan sebaik-baiknya. Pastikan Anda mengisi semua informasi secara benar dan jujur. Jangan pernah berbohong hanya untuk mendapatkan tanggungan yang lebih besar, sebab justru akan menyulitkan Anda sendiri. Di bagian akhir formulir biasanya Anda perlu memberikan tanda tangan dan materai. Formulir yang telah diisi lengkap ini lantas dijadikan satu dengan berkas-berkas yang sudah Anda bawa dari rumah.
  5. Berkas ini kemudian Anda serahkan kembali ke petugas. Petugas lalu akan memeriksa berkas milik Anda. Waktu tunggu yang dibutuhkan berkisar antara 2-8 jam tergantung jumlah antrean. Selanjutnya petugas akan memanggil Anda untuk memberitahukan bahwa klaim yang dilakukan apakah disetujui atau tidak. Jika disetujui, maka Anda akan mendapatkan tanggungan dari Jasa Raharja dengan nominal bervariasi sesuai jenis kecelakaan dan faktor lainnya. Tanggungan tersebut biasanya akan diberikan melalui transfer bank di BRI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepuluh Penyebab Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Apakah penyebab-penyebab klaim asuransi yang Anda ajukan tidak dibayar? Tidak sedikit orang yang sudah merasa ketakutan kalau mendengar kata asuransi. Memang tak bisa dipungkiri kalau asuransi masih mendapatkan citra negatif bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang beranggapan kalau semua perusahaan asuransi itu sama saja bisanya hanya mengobral janji. Namun faktanya kini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang profesional. Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur kualitas dari suatu perusahaan asuransi ialah pelayanannya dalam membayar klaim kepada para nasabah. Perusahaan asuransi yang cepat tanggap dalam menindaklanjuti permohonan klaim merupakan perusahaan yang berkualitas. Sebaliknya perusahaan asuransi yang berbelit-belit seperti enggan memberikan pertanggungjawabannya dapat dikatakan tidak berkualitas. Tapi sebelum memberikan penilaian seperti itu, alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kenapa sih klaim Anda sampai ditolak? Sebenarnya hanya...

3 Tugas Utama Agen Marketing Asuransi

Apakah tugas dari seorang agen/marketing asuransi? Asuransi penting sekali untuk menjamin semua aset yang Anda miliki. Mengingat asuransi ini begitu krusial, maka orang yang membutuhkannya pun ada banyak. Hal ini mendorong geliat di dunia asuransi semakin meningkat, termasuk peluang di dalamnya. Potensi sebagai seorang marketing asuransi sangat terbuka lebar dan memiliki prospek yang bagus asalkan dijalani dengan sepenuh hati. Syarat mutlak yang harus dimiliki oleh semua agen/marketing asuransi ialah jaringan yang luas. Hal ini berkaitan dengan salah satu tugas utamanya yaitu memperluas jaringan perusahaan asuransi tempatnya ia bekerja. Perlu diketahui, pekerjaan marketing berbeda dengan sales walaupun hubungan keduanya erat sekali. Kalau seorang sales bertanggung jawab dalam penjualan, berbeda dengan marketing yang bertugas untuk pemasaran. Seorang marketing mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkan, memberitahu klien, dan membuka jalan bagi klien tersebut untuk mengembangkan us...

5 Tips Memilih Asuransi Jiwa Saat Tinggal di Jepang yang Bagus

  Memilih asuransi jiwa saat tinggal di luar negeri, termasuk di Jepang, adalah keputusan penting yang memerlukan pertimbangan matang. Asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan finansial bagi Anda dan keluarga Anda dalam situasi yang tidak terduga. Berikut adalah tips memilih asuransi jiwa saat tinggal di Jepang, serta cara mengirim barang ke Jepang. Tips Memilih Asuransi Jiwa di Jepang 1. Pahami Kebutuhan Anda Sebelum memilih asuransi jiwa, pertimbangkan kebutuhan dan situasi finansial Anda. Tentukan jumlah perlindungan yang Anda butuhkan, durasi polis, serta manfaat tambahan yang mungkin Anda perlukan seperti asuransi kesehatan, cacat tetap, atau rawat inap. 2. Cari Informasi Mengenai Penyedia Asuransi Lakukan riset dan cari informasi tentang penyedia asuransi jiwa yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di Jepang. Periksa ulasan, rating, serta klaim dan layanan pelanggan dari berbagai perusahaan asuransi untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. 3. Perhatikan Syarat...