Apakah tugas dari seorang agen/marketing asuransi? Asuransi penting sekali untuk menjamin semua aset yang Anda miliki. Mengingat asuransi ini begitu krusial, maka orang yang membutuhkannya pun ada banyak. Hal ini mendorong geliat di dunia asuransi semakin meningkat, termasuk peluang di dalamnya. Potensi sebagai seorang marketing asuransi sangat terbuka lebar dan memiliki prospek yang bagus asalkan dijalani dengan sepenuh hati.
Syarat mutlak yang harus dimiliki oleh semua agen/marketing asuransi ialah jaringan yang luas. Hal ini berkaitan dengan salah satu tugas utamanya yaitu memperluas jaringan perusahaan asuransi tempatnya ia bekerja. Perlu diketahui, pekerjaan marketing berbeda dengan sales walaupun hubungan keduanya erat sekali. Kalau seorang sales bertanggung jawab dalam penjualan, berbeda dengan marketing yang bertugas untuk pemasaran.
Seorang marketing mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkan, memberitahu klien, dan membuka jalan bagi klien tersebut untuk mengembangkan usahanya. Khusus untuk marketing asuransi, ia berkewajiban untuk meningkatkan penjualan dari semua produk asuransi. Banyaknya ragam dari produk asuransi membuat pekerjaan seorang agen asuransi juga dipengaruhi oleh jenis produk yang dimiliki oleh perusahaan asuransi. Ada kalanya agen asuransi akan berhadapan dengan produk untuk perorangan, namun di lain waktu ia akan mendapatkan produk untuk perusahaan.
Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas tugas-tugas utama dari seorang agen/marketing asuransi!
- Memperluas Jaringan Perusahaan
Seorang agen asuransi harus betul-betul memahami perusahaan yang menjadi tempat bekerjanya karena berkaitan erat dengan tugas pokoknya. Ia harus memberitahukan semua informasi tentang perusahaan kepada khalayak ramai demi melakukan perluasan jaringan. Agen tidak harus memastikan setiap orang yang ditemuinya mengambil/membeli produknya, tetapi sebatas memberitahu saja. Ia juga biasanya akan meninggalkan informasi kontaknya agar saat orang tersebut membutuhkan asuransi bisa langsung menghubunginya. Semakin sering agen melakukan pertemuan, maka semakin luas jaringannya dan semakin besar pula potensi pembeliannya.
- Menerangkan Produk Asuransi
Kunci sukses dalam melakukan perluasan jaringan ialah pemahaman tentang produk asuransi yang Anda pegang. Bagus sekali kalau Anda mampu menguasai semua materi yang berkaitan dengan produk tersebut. Kesalahan dalam pemahaman atau lupa beberapa materi akan mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal. Salah satunya yaitu calon konsumen akan salah pula mengerti tentang produk yang ditawarkan. Ingat bahwa penjual harus selalu lebih tahu daripada pembelinya. Adapun materi yang wajib Anda kuasai di luar kepala misalnya klaim, klausul, reimburstmen, pertanggungan, dan premi.
- Menjalin Hubungan Baik
Tali silaturahmi antara Anda dengan semua orang yang pernah ditemui harus terus terjaga dengan baik. Jangan pernah sekali pun menghapus salah satu kontak dari mereka atau melupakannya. Lakukan pendekatan personal secara terus-menerus. Semakin Anda akrab dengan mereka, maka semakin besar pula rasa kepercayaan yang dimiliki oleh mereka kepada Anda. Sekali-kali boleh ajak mereka makan siang bersama atau sekadar ngopi untuk membahas tentang asuransi lebih mendalam.
Komentar
Posting Komentar